Cara Memasukan data Santri Di SIMATREN

simatren.com | Selamat datang kembali member dan sahabat SIMATREN, kali ini saya akan berbagi informasi cara memasukkan data santri.

Sengaja saya buat tutorial ini, karena Data Santri adalah data utama yang nantinya akan kita kelola melalui sistem informasi pesantren ini.

Tahap Persiapan

Sebelum anda memasukkan data santri, perlu dipahami terlebih dahulu, bahwa Data Santri yang dimaksud disini adalah data utama. Artinya? semua personil yang berhubungan dan berada dibawah pesantren sebaiknya dimasukkan dalam data ini.

Selanjutnya, anda bisa memilah dan memilih, sementara data santri yang dimasukkan semuanya berstatus aktif (belum boyong).

Jadi, nanti sahabat bisa langsung membuat kategorisasi, misalnya, diantara data tersebut ada yang memiliki jabatan pengurus, bendahara satu atau bendahara dua.

Selain itu, jika ada diantara santri tersebut yang boyong, anda juga bisa mengeditnya pada menu Alumni atau Mutasi.

Intinya, persiapkan terlebih dahulu data secara lengkap, meliputi nomor induk (tidak boleh ada nomor induk yang ganda), nama, alamat, tempat lahir, Nama Orang tua, Nomor telephone, foto santri dan lain sebagainya.

Tahap Input Data Santri

Oke, selanjutnya silahkan ikuti langkah-langkah untuk proses input data santri di SIMATREN.

  1. Login kehalaman simatren anda.
  2. Pilih Admin
  3. Masukkan Username atau Password [yang didapat saat pendaftaran SIMATREN]
  4. Pada menu, pilih perdonil, kemudian buat terlebih dahulu tahun ajaran/ angkatan, pada pilihan ini anda bisa memasukkan tahun masehi misalnya 2019, dan pada keterangan anda bisa masukkan data tahun Hijriyah.
  5. Setelah data tahun ajaran selesai, silahkan menuju menu berikutnya, yakni Data Santri.
  6. Mulailah memasukkan data santri satu-persatu.

Ada yang bertanya, mengapa satu persatu? adakah fasilitas export data? jawabannya belum ada. Namun, kedepan akan kami lengkapi.

Alasan kami belum memberikan fitur ini, adalah karena data santri harus valid, jika melalui export atau import data, bisanya akan ada banyak kesalahan dan ada kesulitan dalam mengeditnya dikemudian hari.

Bagaimana? cukup mudah bukan? untuk memasukkan data santri di SIMATREN? semoga bermanfaat.

Bagi anda yang ingin memesan SIMATREN untuk Pondok Pesantren, silahkan hubungi kami di KONTAK

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *